Selasa, 10 Juli 2012

WEAR IT campaign




Kayaking Jogja sebagai bagian dari komunitas penggiat olahraga petualangan air sangat memperhatikan keselamatan selama berkegiatan. Berbagai macam hal yang bersinggungan dengan keselamatan selalu menjadi fokus perhatian kami dalam mengembangkan kegiatan ini. Karena itulah, kami bangga menjadi bagian dari pendukung kampanye “Wear It..!”  dimana didalam kampanye ini kami selalu menghimbau dan mengingatkan semua orang untuk memakai life jacket atau pelampung keselamatan selama berkegiatan atau bekerja di air; baik itu white water rafting, kayaking, canoeing, tubing, maupun bentuk kegiatan lainnya.
Untuk itu kami ingin berbagi hal-hal yang berkenaan dengan life jacket atau pelampung keselamatan, sebagai bagian terpenting diantara alat alat keselamatan lainnya dalam berkegiatan di air



PROPER FIT LIFE JACKET

Memilih dan memakai life jacket selama berkegiatan di air tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih life jacket yang pas dan sesuai dengan ukuran tubuh anda. Dengan kata lain life jacket yang anda kenakan harus “proper fit”.

Proper fit artinya, pada saat di kenakan, pelampung/life jacket harus mampu menopang kepala dan bahu anda di atas permukaan air. Jika life jacket longgar saat di kenakan, besar kemungkinan wajah anda akan tertutup bagian atas pelampung saat berada di air. Jika terlalu kecil atau sempit, di khawatirkan daya apungnya tidak akan mampu menopang berat badan anda.
Pada saat pelampung tidak dipakai (saat anda tidak sedang berkegiatan di air), simpanlah di tempat yang mudah di jangkau, hindarkan dari sinar matahari langsung dan bahan kimia yang berbahaya. Life jacket yang terbuat dari nylon atau bahan sintetis lain akan mudah rusak jika terkena radiasi sinar ultra violet pada sinar matahari secara terus menerus dalam waktu lama. Warna yang memudar menunjukkan life jacket yang rusak terkena radiasi ultra violet. Dengan kata lain jangan biarkan life jacket anda tergeletak atau tergantung di bawah sinar matahari langsung jika tidak sedang dipakai. Sinar matahari atau bahan kimia lain yang bersifat korosif dapat merusak PE foam yang berfungsi sebagai pengapung dalam life jacket anda.


Take care of your life jacket--it's your lifeline.

memakai life jacket yang tepat untuk keselamatan

Berikut beberapa jenis life jacket/pelampung keselamatan yang dapat anda pakai sesuai dengan fungsi dan jenis kegiatan yang anda lakukan

TYPE 1
Offshore Life Jacket
Life jacket ini di desain untuk keadaan survival di laut terbuka yang ganas. Dirancang untuk menjaga wajah survivor yang pingsan tetap menengadah ke atas, mengapung di permukaan air. Mempunyai daya apung yang besar sehingga memungkinkan survivor tetap mengapung selama menunggu saat penyelamatan. Life jacket ini sesuai di gunakan untuk berkegiatan di tempat yang jauh dari jangkauan, yang butuh waktu lama bagi team rescue utk mencapai survivor.






TYPE 2
Buoyant Vest

Life jacket jenis ini tersedia dalam berbagai ukuran, untuk anak-anak maupun orang dewasa, dan biasanya digunakan untuk berkegiatan di sungai baik yang berarus deras (white water) maupun yang berarus tenang. Jenis ini lebih lentur dan lebih murah dibandingkan life jacket type 1. Bantalan kepala pada life jacket ini berfungsi untuk meredam benturan pada saat tercebur di sungai berarus deras, dan berfungsi untuk menjaga wajah survivor yang pingsan tetap menghadap ke atas menjauhi permukaan air. Meski demikian, life jacket ini sebaiknya digunakan di tempat – tempat dimana team penyelamat bisa datang menolong dengan cepat..



TYPE 3
Flotation Aid

Life jacket yang satu ini termasuk pelampung yang nyaman dikenakan, biasanya dipakai dalam kegiatan olahraga air atau kegiatan berperahu pada sungai atau danau yang berarus tenang. Sangat disarankan untuk memakai pelampung jenis ini pada perairan yang mudah dijangkau team penyelamat karena tidak bisa untuk menopang kepala survivor yang pingsan. Pelampung jenis ini tersedia dalam berbagai ukuran dan model serta warna yang menarik. 



TYPE 4
Special Use Device

Life jacket ini termasuk dalam kategori pelampung khusus yang bisa di pakai sembari bekerja di atas kapal. Biasanya digunakan oleh nelayan dan para pekerja dilaut lepas. Di dalamnya ditambahkan pelampung udara sehingga daya apungnya bisa di tambah bilamana diperlukan.


   

Pastikan anda memakai life jacket yang sudah di sertifikasi demi kenyamanan dan keamanan anda selama berkegiatan. Saat ini di Indonesia banyak sekali toko-toko hobi dan olahraga yang menyediakan berbagai jenis life jacket, dengan berbagai macam kualitas dan harga. Sesuaikan life jacket yang anda beli dengan jenis kegiatan yang anda lakukan agar keselamatan anda terjaga.

Semoga berguna......, dan jangan lupa...., tetap cintai sungai....!!!

Salam Lestari....

Kayaking Jogja




(* diambil dari berbagai sumber)



2 komentar:

  1. kalau mau membeli TYPE 1 yang Offshore Life Jacket dimana pak? dan kira2 harganya berapa? terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk harga saat ini dipasaran mencapai Rp.250-400rb /unit.
      tp kami bisa bantu dengan buatan hasil karya kami yg tidak kalah bagusnya dengan sedikit modifikasi tentunya, cek saja di "PRODUK KJ" kami. trimakasih sebelumnya untuk komentarnya mas anonim.

      selamat berkarya

      Hapus

Komentar dari anda merupakan Kemajuan bagi kami agar selalu lebih baik dari sekarang. Tetap Cintai Sungai!!!!